Senin, 31 Januari 2011

cara menghidupkan dan mematikan komputer

A. CARA MENGHIDUPKAN KOMPUTER

1.

Pasangkan kabel ke stopkontak
2.

Tekan tombol ON pada stabilizer, kemudian tekan tombol power pada CPU dan monitor
3.

Komputer akan melakukan POST dan BOOTING, tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai
4.

Setelah itu, di layar akan muncul kotak dialog untuk mengisi username beserta password dan tekan tombol enter/OK
5.

Layar akan muncul dekstop dan komputer siap dioperasikan sesuai dengan kebutuhan

B. CARA MEMATIKAN KOMPUTER

1. Simpan dokumen dan pastikan semua aplikasi yang telah Anda gunakan sudah ditutup

2. Pada menu pull-down Start, klik Shutdown-OK

3. Tekan tombol OFF pada monitor, CPU, dan penstabil tegangan (stabilizer)

Rabu, 26 Januari 2011

materi TIK kelas 7 : processor

* Home › Home >
* Reviews › Reviews >
* Hardware › Perangkat Keras >
* Computer › Komputer >
* Processor Processor

* Print Cetak

< PDA Mother board >
11 11
advice(s) saran (s)
Prozessor Procesador Processeur processore Microprocessador
Processor Processor
Article Table of contents Pasal Daftar isi

* Computer Komputer
o Computer (PC) Komputer (PC)
o Typographies Typographies
+ Types of computers Jenis-jenis komputer
+ Laptop computer Laptop komputer
+ PDA PDA
o Computer heart Komputer jantung
+ Processor Processor
+ Mother board Papan induk
+ Casing Selubung
o Memory Memori
+ Memory Memori
+ Random access memory (RAM) Random akses memori (RAM)
+ Read-only memory (ROM) Read-only memory (ROM)
+ Flash memory Flash memory
o Memory cards Kartu memori
+ Compact Flash (CF) Compact Flash (CF)
+ Memory stick (MS) Memory stick (MS)
+ Multimedia Card (MMC) Multimedia Card (MMC)
+ Secure Digital (SD) Secure Digital (SD)
+ Smartmedia (SM) SmartMedia (SM)
+ xD Picture card xD Picture card
o Bus Bis
+ Bus Bis
+ ISA, MCA, VLB ISA, MCA, VLB
+ PCI PCI
+ AGP AGP
+ PCI Express PCI Express
o I/O I / O
+ Serial/parallel port Serial / paralel port
+ USB USB
+ FireWire FireWire
+ IDE / ATA IDE / ATA
+ Serial ATA Serial ATA
+ SCSI SCSI
+ PC Card (PCMCIA) PC Card (PCMCIA)
o Periphery Equipment Peralatan pinggiran
+ Periphery Equipment Peralatan pinggiran
+ Hardware Interrupts (IRQ/DMA) Hardware interrupt (IRQ / DMA)
o Display Periphery Equipment Tampilan pinggiran Peralatan
+ Screen/Monitor Screen / Monitor
+ Cathode Ray Tube Katoda Ray Tube
+ LCD/Plasma LCD / Plasma
o Mass Storage Periphery Equipment Mass Storage pinggiran Peralatan
+ Hard Drive disc Hard disk Drive
+ CD-ROM player CD-ROM player
+ DVD-ROM player DVD-ROM player
+ USB key Tombol USB
o Others Periphery Equipment Lainnya pinggiran Peralatan
+ Keyboard Keyboard
+ Mouse Mouse
+ Printer Printer
+ Scanner Scanner
+ Modem Modem
o Expansion cards Kartu ekspansi
+ Graphics card Kartu grafis
+ Sound card Kartu suara
+ Network adapter Adaptor jaringan
o BIOS BIOS
+ BIOS BIOS
o See also : Lihat juga:
+ FAQ hardware FAQ hardware

Introduction Pengantar

The processor ( CPU , for Central Processing Unit ) is the computer's brain. Prosesor (CPU, untuk Central Processing Unit) adalah otak komputer. It allows the processing of numeric data, meaning information entered in binary form, and the execution of instructions stored in memory. Hal ini memungkinkan pengolahan data angka, yang berarti informasi yang dimasukkan dalam biner bentuk, dan eksekusi instruksi yang tersimpan dalam memori.

The first microprocessor (Intel 4004) was invented in 1971. Microprocessor pertama (Intel 4004) ditemukan pada tahun 1971. It was a 4-bit calculation device with a speed of 108 kHz. Itu adalah perhitungan 4-bit perangkat dengan kecepatan 108 kHz. Since then, microprocessor power has grown exponentially. Sejak itu, kekuasaan mikroprosesor telah tumbuh secara eksponensial. So what exactly are these little pieces of silicone that run our computers? Jadi apa sebenarnya potongan-potongan kecil silikon yang menjalankan komputer kita?

Prosesor Intel 4004

Operation Operasi

The processor (called CPU , for Central Processing Unit ) is an electronic circuit that operates at the speed of an internal clock thanks to a quartz crystal that, when subjected to an electrical currant, send pulses, called " peaks ". Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut "puncak". The clock speed (also called cycle ), corresponds to the number of pulses per second, written in Hertz (Hz). Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Thus, a 200 MHz computer has a clock that sends 200,000,000 pulses per second. Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Clock frequency is generally a multiple of the system frequency ( FSB , Front-Side Bus ), meaning a multiple of the motherboard frequency. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi.

With each clock peak, the processor performs an action that corresponds to an instruction or a part thereof. Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. A measure called CPI ( Cycles Per Instruction ) gives a representation of the average number of clock cycles required for a microprocessor to execute an instruction. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi. A microprocessor’s power can thus be characterized by the number of instructions per second that it is capable of processing. MIPS (millions of instructions per second) is the unit used and corresponds to the processor frequency divided by the CPI . Sebuah microprocessorâ € ™ daya sehingga dapat dicirikan dengan jumlah instruksi per detik yang ia mampu memproses CPI. MIPS (juta instruksi per detik) adalah satuan yang digunakan dan sesuai untuk prosesor dibagi dengan frekuensi.
Instructions Petunjuk

An instruction is an elementary operation that the processor can accomplish. Sebuah instruksi adalah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Instructions are stored in the main memory, waiting to be processed by the processor. Instruksi disimpan dalam memori utama, menunggu untuk diproses oleh prosesor. An instruction has two fields: Sebuah instruksi memiliki dua bidang:

* the operation code , which represents the action that the processor must execute; kode operasi, yang merupakan tindakan yang prosesor harus mengeksekusi;
* the operand code , which defines the parameters of the action. kode operan, yang mendefinisikan parameter dari tindakan. The operand code depends on the operation. Kode operan tergantung pada operasi. It can be data or a memory address. Hal ini dapat data atau alamat memori.





Operation Code Kode Operasi Operand Field Operand Lapangan



The number of bits in an instruction varies according to the type of data (between 1 and 4 8-bit bytes). Jumlah bit dalam sebuah instruksi bervariasi menurut jenis data (antara 1 dan 4 byte 8-bit).

Instructions can be grouped by category, of which the main ones are: Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di mana yang utama adalah:

* Memory Access : accessing the memory or transferring data between registers. Memory Access: mengakses memori atau mentransfer data antara register.
* Arithmetic Operations : operations such as addition, subtraction, division or multiplication. Operasi Aritmatika: operasi seperti penambahan, pengurangan divisi atau kelipatannya.
* Logic Operations : operations such as AND, OR, NOT, EXCLUSIVE NOT, etc. Logika Operasi: operasi seperti DAN, ATAU, TIDAK, TIDAK EKSKLUSIF, dll
* Control : sequence controls, conditional connections, etc. Pengendalian: urutan kontrol, koneksi kondisional, dll


Registers Register

When the processor executes instructions, data is temporarily stored in small, local memory locations of 8, 16, 32 or 64 bits called registers . Ketika prosesor mengeksekusi instruksi, data disimpan sementara dalam kecil, lokasi memori lokal, 16, 32 atau 64 bit 8 disebut register. Depending on the type of processor, the overall number of registers can vary from about ten to many hundreds. Tergantung pada jenis prosesor, jumlah keseluruhan dari register dapat bervariasi dari sekitar sepuluh sampai ratusan.

The main registers are: Register utama adalah:

* the accumulator register ( ACC ), which stores the results of arithmetic and logical operations; register akumulator (ACC), yang menyimpan hasil operasi aritmatika dan logika;
* the status register ( PSW , Processor Status Word ), which holds system status indicators (carry digits, overflow, etc.); register status (PSW, Processor Status Word), yang memegang status indikator sistem (membawa digit, overflow, dll);
* the instruction register ( RI ), which contains the current instruction being processed; register instruksi (RI), yang berisi instruksi saat ini sedang diproses;
* the ordinal counter ( OC or PC for Program Counter ), which contains the address of the next instruction to process; counter ordinal (OC atau PC untuk Program Counter), yang berisi alamat dari instruksi berikutnya untuk proses;
* the buffer register , which temporarily stores data from the memory. register buffer, yang menyimpan data sementara dari memori.


Cache Memory Memori Cache

Cache memory (also called buffer memory ) is local memory that reduces waiting times for information stored in the RAM (Random Access Memory). Memori cache (juga disebut memori buffer) yang memori lokal yang mengurangi waktu tunggu untuk informasi yang tersimpan dalam RAM (Random Access Memory). In effect, the computer's main memory is slower than that of the processor. Akibatnya, komputer memori utama lebih lambat dibandingkan dengan prosesor. There are, however, types of memory that are much faster, but which have a greatly increased cost. Namun demikian, jenis memori yang lebih cepat, tetapi yang memiliki biaya yang sangat meningkat. The solution is therefore to include this type of local memory close to the processor and to temporarily store the primary data to be processed in it. Solusinya adalah karena itu untuk menyertakan jenis ini dekat memori lokal untuk prosesor dan untuk sementara menyimpan data primer untuk diproses di dalamnya. Recent model computers have many different levels of cache memory: Model komputer terbaru memiliki tingkat yang berbeda dari memori cache:

* Level one cache memory (called L1 Cache , for Level 1 Cache ) is directly integrated into the processor. Tingkat satu cache memori (disebut Cache L1, untuk Level 1 Cache) secara langsung terintegrasi ke dalam prosesor. It is subdivided into two parts: Hal ini dibagi menjadi dua bagian:
o the first part is the instruction cache, which contains instructions from the RAM that have been decoded as they came across the pipelines. bagian pertama adalah cache instruksi, yang berisi petunjuk dari RAM yang telah diterjemahkan saat mereka datang di pipa.
o the second part is the data cache, which contains data from the RAM and data recently used during processor operations. bagian kedua adalah data cache, yang berisi data dari RAM dan data terakhir digunakan selama operasi prosesor.


Level 1 caches can be accessed very rapidly. Level 1 cache dapat diakses dengan sangat cepat. Access waiting time approaches that of internal processor registers. Akses pendekatan waktu tunggu yang dari register prosesor internal.

* Level two cache memory (called L2 Cache , for Level 2 Cache ) is located in the case along with the processor (in the chip). Tingkat dua cache memori (disebut L2 Cache, untuk Level 2 Cache) terletak dalam kasus bersama dengan prosesor (dalam chip). The level two cache is an intermediary between the processor, with its internal cache, and the RAM. Level dua cache perantara antara prosesor, dengan cache internal, dan RAM. It can be accessed more rapidly than the RAM, but less rapidly than the level one cache. Hal ini dapat diakses lebih cepat daripada RAM, tetapi kurang cepat dari cache satu tingkat.
* Level three cache memory (called L3 Cache , for Level 3 Cache ) is located on the motherboard. Tingkat tiga cache memori (disebut L3 Cache, untuk Level 3 Cache) terletak pada motherboard.


All these levels of cache reduce the latency time of various memory types when processing or transferring information. Semua tingkat cache mengurangi waktu latency berbagai jenis memori saat memproses atau mentransfer informasi. While the processor works, the level one cache controller can interface with the level two controller to transfer information without impeding the processor. Sementara bekerja prosesor, tingkat satu pengendali cache dapat antarmuka dengan kontroler dua tingkat untuk mentransfer informasi tanpa menghambat prosesor. As well, the level two cache interfaces with the RAM (level three cache) to allow transfers without impeding normal processor operation. Selain itu, dua antarmuka level cache dengan RAM (tingkat tiga cache) untuk memungkinkan transfer tanpa menghalangi operasi prosesor normal.
Control Signals Sinyal Kontrol

Control signals are electronic signals that orchestrate the various processor units participating in the execution of an instruction. sinyal kontrol adalah sinyal elektronik yang mengatur berbagai unit prosesor berpartisipasi dalam pelaksanaan sebuah instruksi. Control signals are sent using an element called a sequencer . sinyal kontrol dikirim menggunakan elemen yang disebut sebuah sequencer. For example, the Read / Write signal allows the memory to be told that the processor wants to read or write information. Misalnya, Baca / Tulis sinyal memungkinkan memori yang akan diberitahu bahwa prosesor ingin membaca atau menulis informasi.
Functional Units Unit Fungsional

The processor is made up of a group of interrelated units (or control units). Prosesor terdiri dari sekelompok unit terkait (atau kontrol unit). Microprocessor architecture varies considerably from one design to another, but the main elements of a microprocessor are as follows: Mikroprosesor arsitektur sangat bervariasi dari satu desain yang lain, namun unsur utama dari sebuah mikroprosesor adalah sebagai berikut:

* A control unit that links the incoming data, decodes it, and sends it to the execution unit:The control unit is made up of the following elements: Sebuah unit kontrol yang menghubungkan data yang masuk, decode, dan mengirimkannya ke unit eksekusi: Unit kontrol terdiri dari unsur-unsur berikut:
o sequencer (or monitor and logic unit ) that synchronizes instruction execution with the clock speed. sequencer (atau monitor dan unit logika) yang mensinkronisasikan eksekusi instruksi dengan kecepatan clock. It also sends control signals; Hal ini juga mengirim sinyal kontrol;
o ordinal counter that contains the address of the instruction currently being executed; ordinal counter yang berisi alamat dari instruksi saat ini sedang dijalankan;
o instruction register that contains the following instruction. instruksi register yang berisi instruksi berikut.
* An execution unit (or processing unit ) that accomplishes tasks assigned to it by the instruction unit. Sebuah unit eksekusi (atau unit pengolahan) yang menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya oleh unit instruksi. The execution unit is made of the following elements: Unit eksekusi terbuat dari unsur-unsur berikut:
o The arithmetical and logic unit (written ALU ). Dan unit aritmatika logika (ALU ditulis). The ALU performs basic arithmetical calculations and logic functions (AND, OR, EXCLUSIVE OR, etc.); ALU melakukan perhitungan aritmatika dasar dan fungsi logika (AND, OR, EXCLUSIVE OR, dll);
o The floating point unit (written FPU ) that performs partial complex calculations which cannot be done by the arithmetical and logic unit. Unit titik mengambang (ditulis FPU) yang melakukan perhitungan yang kompleks parsial yang tidak dapat dilakukan oleh unit aritmatika dan logika.
o The status register ; Status mendaftar;
o The accumulator register . akumulator Register.
* A bus management unit (or input-output unit ) that manages the flow of incoming and outgoing information and that interfaces with system RAM ; Sebuah bus unit manajemen (atau input-output unit) yang mengelola aliran informasi yang masuk dan keluar dan bahwa antarmuka dengan sistem RAM ;




The diagram below gives a simplified representation of the elements that make up the processor (the physical layout of the elements is different than their actual layout): Diagram di bawah ini memberikan representasi yang disederhanakan dari unsur-unsur yang membentuk prosesor (layout fisik dari elemen-elemen berbeda dari tata letak yang sebenarnya mereka):

Perwakilan prosesor diagram

Transistor Transistor

To process information, the microprocessor has a group of instructions, called the " instruction set ", made possible by electronic circuits. Untuk memproses informasi, mikroprosesor memiliki sekelompok instruksi, yang disebut "instruksi set", dimungkinkan oleh sirkuit elektronik. More precisely, the instruction set is made with the help of semiconductors, little "circuit switches" that use the transistor effect , discovered in 1947 by John Barden , Walter H. Brattain and William Shockley who received a Nobel Prize in 1956 for it. Lebih tepatnya, set instruksi dibuat dengan bantuan semikonduktor, "sirkuit kecil" switch yang menggunakan efek transistor, ditemukan pada tahun 1947 oleh John Barden, Walter H. Brattain dan William Shockley yang menerima Hadiah Nobel pada tahun 1956 untuk itu.

A transistor (the contraction of transfer resistor ) is an electronic semi-conductor component that has three electrodes and is capable of modifying current passing through it using one of its electrodes (called control electrode). Sebuah transistor (kontraksi resistor transfer) adalah komponen semi-konduktor elektronik yang memiliki tiga elektroda dan mampu memodifikasi saat melewatinya menggunakan salah satu elektroda nya (disebut kontrol elektroda). These are referred to as "active components", in contrast to "passive components", such as resistance or capacitors which only have two electrodes (referred to as being "bipolar"). Ini disebut sebagai "komponen aktif", berbeda dengan "komponen pasif", seperti resistensi atau kapasitor yang hanya memiliki dua elektroda (disebut sebagai "bipolar").

A MOS ( metal, oxide, silicone ) transistor is the most common type of transistor used to design integrated circuits. A MOS (logam, oksida, silikon) transistor adalah jenis yang paling umum dari transistor digunakan untuk merancang sirkuit terpadu. MOS transistors have two negatively charged areas, respectively called source (which has an almost zero charge) and drain (which has a 5V charge), separated by a positively charged region, called a substrate ). MOS transistor memiliki dua dibebankan area negatif, masing-masing disebut sumber (yang memiliki muatan nol hampir) dan mengeringkan (yang memiliki muatan 5V), dipisahkan dengan yang dikenakan daerah positif, disebut substrat). The substrate has a control electrode overlaid, called a gate , that allows a charge to be applied to the substrate. substrat memiliki kontrol elektroda dilapis, disebut gerbang, yang memungkinkan biaya yang akan diterapkan pada substrat.

MOS Transistor



When there is no charge on the control electrode, the positively charged substrate acts as a barrier and prevents electron movement from the source to the drain. Ketika tidak ada muatan pada elektroda kontrol, tindakan substrat yang bermuatan positif sebagai penghalang dan mencegah gerakan elektron dari sumber mengeringkan. However, when a charge is applied to the gate, the positive charges of the substrate are repelled and a negatively charged communication channel is opened between the source and the drain. Namun, ketika charge diterapkan ke pintu gerbang, muatan positif substrat adalah ditolak dan saluran komunikasi yang bermuatan negatif dibuka antara sumber dan sia-sia.

MOS Transistor



The transistor therefore acts as a programmable switch, thanks to the control electrode. Transistor karena itu bertindak sebagai saklar diprogram, berkat kontrol elektroda. When a charge is applied to the control electrode, it acts as a closed interrupter and, when there is no charge, it acts as an open interrupter. Ketika charge diterapkan ke elektroda kontrol, ia bertindak sebagai interrupter tertutup dan, ketika ada tanpa dikenakan biaya, itu bertindak sebagai interrupter terbuka.
Integrated Circuits Sirkuit Terpadu

Once combined, transistors can make logic circuits, that, when combined, form processors. Setelah digabungkan, transistor dapat membuat sirkuit logika, yang, jika digabungkan, prosesor bentuk. The first integrated circuit dates back to 1958 and was built by Texas Instruments . Sirkuit terpadu pertama tanggal kembali ke 1958 dan dibangun oleh Texas Instruments.

MOS transistors are therefore made of slices of silicone (called wafers ) obtained after multiple processes. MOS transistor sehingga menjadi irisan dari silikon (wafer disebut) yang diperoleh setelah beberapa proses. These slices of silicone are cut into rectangular elements to form a " circuit ". Ini irisan silikon dipotong menjadi elemen-elemen segi empat membentuk "sirkuit". Circuits are then placed in cases with input-output connectors and the sum of these parts makes an " integrated circuit ". Sirkuit kemudian ditempatkan dalam kasus-kasus dengan konektor input-output dan jumlah dari bagian-bagian membuat sebuah "sirkuit terpadu". The minuteness of the engraving, written in microns (micrometers, written µm ) defines the number of transistors per surface unit. The kecilnya dari ukiran, ditulis dalam mikron (mikrometer, Âμm tertulis) mendefinisikan jumlah transistor per unit permukaan. There can be millions of transistors on one single processor. Ada dapat jutaan transistor pada satu prosesor tunggal.

Moore's Law , penned in 1965 by Gordon E. Moore, cofounder of Intel, predicted that processor performance (by extension of the number of transistors integrated in the silicone) would double every twelve months. Hukum Moore's, ditulis pada tahun 1965 oleh Gordon E. Moore, pendiri Intel, memprediksikan bahwa kinerja prosesor (dengan perluasan dari jumlah transistor terintegrasi dalam silikon) akan berlipat ganda setiap dua belas bulan. This law was revised in 1975, bringing the number of months to 18. Hukum ini telah direvisi pada tahun 1975, membawa jumlah bulan sampai dengan 18. Moore’s Law is still being proven today. Moorea € ™ s Hukum masih terbukti hari ini.

Because the rectangular case contains input-output pins that resemble legs, the term " electronic flea " is used in French to refer to integrated circuits. Karena kasus persegi panjang berisi input-output pin yang menyerupai kaki, istilah "elektronik" kutu digunakan dalam bahasa Prancis untuk merujuk ke sirkuit terpadu.
Families Keluarga

Each type of processor has its own instruction set. Setiap jenis prosesor telah menetapkan instruksi sendiri. Processors are grouped into the following families, according to their unique instruction sets: Prosesor dikelompokkan ke dalam keluarga berikut, sesuai dengan set instruksi yang unik:

* 80x86: the "x" represents the family. 80x86: "x" mewakili keluarga. Mention is therefore made to 386, 486, 586, 686, etc. Sebutkan Oleh karena itu dibuat untuk 386, 486, 586, 686, dll
* ARM ARM
* IA-64 IA-64
* MIPS MIPS
* Motorola 6800 Motorola 6800
* PowerPC PowerPC
* SPARC SPARC
* ... ...




This explains why a program produced for a certain type of processor can only work directly on a system with another type of processor if there is instruction translation, called emulation . Hal ini menjelaskan mengapa program diproduksi untuk jenis prosesor tertentu hanya dapat bekerja langsung pada sistem dengan jenis lain prosesor jika ada instruksi terjemahan, emulasi yang disebut. The term " emulator " is used to refer to the program performing this translation. Istilah "emulator" digunakan untuk merujuk pada program melakukan terjemahan ini.
Instruction Set Instruction Set

An instruction set is the sum of basic operations that a processor can accomplish. Sebuah set instruksi adalah jumlah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. A processor’s instruction set is a determining factor in its architecture, even though the same architecture can lead to different implementations by different manufacturers. Sebuah processorâ € ™ s set instruksi adalah faktor yang menentukan dalam arsitektur, bahkan meskipun arsitektur yang sama dapat mengakibatkan implementasi yang berbeda oleh produsen yang berbeda.

The processor works efficiently thanks to a limited number of instructions, hardwired to the electronic circuits. prosesor bekerja efisien berkat sejumlah instruksi, didesain untuk sirkuit elektronik. Most operations can be performed using basic functions. Kebanyakan operasi dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi dasar. Some architecture does, however, include advanced processor functions. Beberapa arsitektur, bagaimanapun, termasuk fungsi-fungsi prosesor canggih.
CISC Architecture Arsitektur CISC

CISC ( Complex Instruction Set Computer ) architecture means hardwiring the processor with complex instructions that are difficult to create using basic instructions. CISC (Complex Instruction Set Computer) arsitektur berarti KAWAT prosesor dengan instruksi kompleks yang sulit untuk membuat menggunakan petunjuk dasar.

CISC is especially popular in 80x86 type processors. CISC sangat populer di 80x86 tipe prosesor. This type of architecture has an elevated cost because of advanced functions printed on the silicone. Jenis arsitektur memiliki biaya tinggi karena fungsi-fungsi lanjutan tercetak pada silikon tersebut.

Instructions are of variable length and may sometimes require more than one clock cycle. Instruksi panjang variabel dan kadang-kadang membutuhkan lebih dari satu siklus clock. Because CISC-based processors can only process one instruction at a time, the processing time is a function of the size of the instruction. Karena prosesor berbasis CISC hanya dapat memproses satu instruksi pada satu waktu, waktu proses adalah fungsi dari ukuran instruksi.
RISC Architecture Arsitektur RISC

Processors with RISC ( Reduced Instruction Set Computer ) technology do not have hardwired, advanced functions. Prosesor dengan RISC (Reduced Instruction Set Computer) teknologi tidak memiliki terprogram, fungsi-fungsi lanjutan.

Programs must therefore be translated into simple instructions which complicates development and/or requires a more powerful processor. Program karenanya harus diterjemahkan ke dalam instruksi sederhana yang mempersulit pengembangan dan / atau membutuhkan prosesor yang lebih kuat. Such architecture has a reduced production cost compared to CISC processors. arsitektur tersebut memiliki biaya produksi berkurang dibandingkan dengan prosesor CISC. In addition, instructions, simple in nature, are executed in just one clock cycle, which speeds up program execution when compared to CISC processors. Selain itu, instruksi, sederhana di alam, yang dieksekusi hanya dalam satu siklus clock, yang mempercepat eksekusi program bila dibandingkan dengan prosesor CISC. Finally, these processors can handle multiple instructions simultaneously by processing them in parallel. Akhirnya, prosesor ini bisa menangani beberapa instruksi secara bersamaan dengan memproses mereka secara paralel.
Technological Improvements Teknologi Perbaikan

Throughout time, microprocessor manufacturers (called founders ) have developed a certain number of improvements that optimize processor performance. Sepanjang waktu, mikroprosesor produsen (pendiri disebut) telah mengembangkan sejumlah perbaikan yang mengoptimalkan kinerja prosesor.
Parallel Processing Pengolahan Paralel

Parallel processing consists of simultaneously executing instructions from the same program on different processors. pengolahan paralel terdiri dari secara simultan melaksanakan instruksi dari program yang sama pada prosesor yang berbeda. This involves dividing a program into multiple processes handled in parallel in order to reduce execution time. Ini melibatkan membagi sebuah program menjadi beberapa proses ditangani secara paralel untuk mengurangi waktu eksekusi.

This type of technology, however, requires synchronization and communication between the various processes, like the division of tasks in a business: work is divided into small discrete processes which are then handled by different departments. Jenis teknologi ini, bagaimanapun, memerlukan sinkronisasi dan komunikasi antara berbagai proses, seperti pembagian tugas dalam bisnis: kerja dibagi ke dalam proses diskrit kecil yang kemudian ditangani oleh departemen yang berbeda. The operation of an enterprise may be greatly affected when communication between the services does not work correctly. Operasi perusahaan mungkin akan sangat terpengaruh bila komunikasi antara layanan tidak bekerja dengan benar.
Pipelining Pipelining

Pipelining is technology that improves instruction execution speed by putting the steps into parallel. Pipelining adalah teknologi yang meningkatkan kecepatan eksekusi instruksi dengan meletakkan langkah-langkah menjadi paralel.

To understand the pipeline’s mechanism, it is first necessary to understand the execution phases of an instruction. Untuk memahami mekanisme pipelineâ € ™ s, pertama-tama perlu untuk memahami fase eksekusi dari sebuah instruksi. Execution phases of an instruction for a processor with a 5-step "classic" pipeline are as follows: Pelaksanaan tahapan instruksi untuk prosesor dengan langkah 5-"klasik" pipa adalah sebagai berikut:

* FETCH : ( retrieves the instruction from the cache; FETCH: (mengambil instruksi dari cache;
* DECODE : decodes the instruction and looks for operands (register or immediate values); DeCODE: decode instruksi dan terlihat untuk operan (mendaftar atau nilai-nilai langsung);
* EXECUTE : performs the instruction (for example, if it is an ADD instruction, addition is performed, if it is a SUB instruction, subtraction is performed, etc.); EXECUTE: melakukan instruksi (misalnya, jika itu adalah instruksi ADD, penambahan dilakukan, jika instruksi SUB, pengurangan dilakukan, dll);
* MEMORY : accesses the memory , and writes data or retrieves data from it; MEMORY: mengakses memori, dan menulis data atau mengambil data dari itu;
* WRITE BACK (retire) : records the calculated value in a register. TULIS KEMBALI (pensiun): mencatat nilai yang dihitung di register.




Instructions are organized into lines in the memory and are loaded one after the other. Instruksi diatur dalam baris dalam memori dan dimuat satu demi satu.

Thanks to the pipeline, instruction processing requires no more than the five preceding steps. Berkat pipa, pengolahan instruksi tidak memerlukan lebih dari lima langkah sebelumnya. Because the order of the steps is invariable (FETCH, DECODE, EXECUTE, MEMORY, WRITE BACK), it is possible to create specialized circuits in the processor for each one. Karena urutan langkah ini tak berubah (FETCH, deCODE, EXECUTE, MEMORY, TULIS BACK), adalah mungkin untuk membuat sirkuit khusus dalam prosesor untuk masing-masing.

The goal of the pipeline is to perform each step in parallel with the preceding and following steps, meaning reading an instruction (FETCH) while the previous step is being read (DECODE), while the step before that is being executed (EXECUTE), while the step before that is being written to the memory (MEMORY), and while the first step in the series is being recorded in a register (WRITE BACK). Tujuan dari pipa ini adalah melakukan setiap langkah dalam paralel dengan sebelumnya dan langkah-langkah berikut, yang berarti membaca sebuah instruksi (FETCH) sedangkan langkah sebelumnya sedang dibaca (decode), sedangkan langkah sebelum yang sedang dieksekusi (EXECUTE), sedangkan langkah sebelum yang sedang ditulis ke memori (MEMORY), dan sementara langkah pertama dalam seri ini direkam dalam register (TULIS KEMBALI).

5 langkah pipa



In general, 1 to 2 clock cycles (rarely more) for each pipeline step or a maximum of 10 clock cycles per instruction should be planned for. Secara umum, 1 sampai 2 siklus clock (jarang lebih) untuk setiap langkah pipa atau maksimal 10 siklus clock per instruksi harus direncanakan. For two instructions, a maximum of 12 clock cycles are necessary (10+2=12 instead of 10*2=20) because the preceding instruction was already in the pipeline. Selama dua petunjuk, maksimum 12 siklus clock yang diperlukan (10 +2 = 12, bukan 10 * 2 = 20) karena instruksi sebelumnya sudah di dalam pipa. Both instructions are therefore being simultaneously processed, but with a delay of 1 or 2 clock cycles. Kedua instruksi karena itu sedang diproses secara bersamaan, tetapi dengan penundaan 1 atau 2 siklus clock. For 3 instructions, 14 clock cycles are required, etc. Untuk 3 petunjuk, 14 siklus clock yang diperlukan, dll

The principle of a pipeline may be compared to a car assembly line. Prinsip pipa mungkin dibandingkan dengan jalur perakitan mobil. The car moves from one workstation to another by following the assembly line and is completely finished by the time it leaves the factory. Mobil bergerak dari satu workstation yang lain dengan mengikuti jalur perakitan dan benar-benar selesai pada saat meninggalkan pabrik. To completely understand the principle, the assembly line must be looked at as a whole, and not vehicle by vehicle. Untuk benar-benar memahami prinsip, jalur perakitan harus dipandang sebagai keseluruhan, dan bukan kendaraan dengan kendaraan. Three hours are required to produce each vehicle, but one is produced every minute! Tiga jam dibutuhkan untuk memproduksi kendaraan masing-masing, tapi satu diproduksi setiap menit!

It must be noted that there are many different types of pipelines, varying from 2 to 40 steps, but the principle remains the same. Harus dicatat bahwa ada berbagai jenis pipa, bervariasi 2-40 langkah, tapi prinsipnya tetap sama.
Superscaling Superscaling

Superscaling consists of placing multiple processing units in parallel in order to process multiple instructions per cycle. Superscaling terdiri dari menempatkan unit pengolahan secara paralel untuk memproses beberapa instruksi per siklus.
HyperThreading HyperThreading

HyperThreading (written HT ) technology consists of placing two logic processors with a physical processor. HyperThreading (ditulis HT) teknologi terdiri dari menempatkan dua prosesor logika dengan prosesor fisik. Thus, the system recognizes two physical processors and behaves like a multitasking system by sending two simultaneous threads, referred to as SMT ( Simultaneous Multi Threading ). Dengan demikian, sistem mengakui dua prosesor fisik dan berperilaku seperti sistem multitasking dengan mengirimkan dua thread secara simultan, disebut sebagai SMT (Simultaneous Multi Threading). This "deception" allows processor resources to be better employed by guaranteeing the bulk shipment of data to the processor. Ini "penipuan" memungkinkan sumber daya prosesor menjadi lebih baik dipekerjakan oleh menjamin pengiriman sebagian besar data ke prosesor.
More Lebih

topologi jaringan

TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.

* Topologi bintang
* Topologi ring
* Topologi bus
* Topologi mesh
* Topologi pohon
A.Topologi Ring

Gambar topologi ring sederhana
Berbeda dengan Topologi Mesh yang setiap perangkatnya dapat berhubungan secara langsung dengan seluruh perangkat lainnya, atau Topologi Star/Tree yang menghubungkan setiap perangkat melalui HUB, maka topologi Ring hanya menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan (lihat gambar).

Seperti terlihat pada gambar, dengan bentuk topologi yang menyerupai cincin (ring) ini maka sinyal data akan bergerak searah dari satu perangkat ke perangkat lainnya sampai pada akhirnya berhenti di perangkat tujuan. Dengan kata lain, untuk mencapai perangkat D maka sinyal yang dikirimkan dari perangkat A harus melalui perangkat B dan C.

Permasalahannya adalah sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh. Karenanya untuk mengatasi lemahnya sinyal data karena kemungkinan menempuh jarak di luar batasan yang dibolehkan, maka setiap perangkat pada topologi ini dilengkapi dengan sebuah repeater. Dengan adanya Repeater, maka sinyal data yang melalui sebuah perangkat akan langsung diperkuat kembali sehingga dapat 'berjalan' terus ke perangkat lainnya, demikian seterusnya sampai pada akhirnya sinyal data tersebut tiba di perangkat tujuan.

Dalam hal proses instalasi dan rekonfigurasi, Topologi Ring dapat dikatakan relatif mudah karena setiap perangkat (baik secara logik ataupun fisik) terhubung satu dan hanya satu dengan perangkat di sebelahnya.

Identifikasi kerusakan juga relatif mudah, karena sinyal data selalu bergerak terus dari perangkat pengirim sampai akhirnya berhenti di perangkat tujuan. Sehingga apabila selama perjalanan tersebut satu perangkat tidak menerima sinyal data dalam periode waktu tertentu maka operator jaringan akan diingatkan dengan munculnya Alarm yang menginformasikan masalah dan letak lokasinya.

Kelemahannya, karena sinyal data bergerak searah dan melalui perangkat lainnya untuk sampai di perangkat tujuan maka rusak/tidak berfungsinya satu link akan mempengaruhi link lainnya.
B.Topologi Bus

Gambar Topologi Bus
Topologi bus banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer dan bisa dikatakan sebagai topologi yang paling sederhana apabila dibandingkan dengan topologi lainnya.

Pada topologi bus, komputer dalam jaringan dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel (lihat gambar).

Dalam hal pengiriman data, dalam satu saat hanya satu komputer yang diperbolehkan mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua komputer dalam jaringan tersebut dan hanya akan diterima oleh komputer yang dituju.

Suatu komputer dapat mengirimkan data ke komputer lainnya dengan syarat jaringan bus mesti terbebas dari sinyal-sinyal yang sedang aktif di jaringan. Permasalahannya, sinyal yang dikirimkan oleh satu komputer akan bergerak ke seluruh jaringan mulai dari ujung satu sampai dengan ujung lainnya dan kemudian akan berbalik arah kembali menuju ujung awal dan demikian terjadi secara terus menerus (bouncing) tanpa bisa di interrupt atau dihentikan (walaupun data yang dikirimkan sudah sampai ke komputer tujuan). Sehingga berdampak pada komputer lainnya akan menjadi terhambat untuk bisa mengirim data.

Untuk mencegah sinyal terus menerus aktif diperlukan adanya terminator, di mana ujung dari kabel yang menghubungkan komputer-komputer tersebut harus di-terminate untuk menghentikan sinyal dari bouncing (berbalik) dan menyerap (absorb) sinyal bebas sehingga membersihkan kabel tersebut dari sinyal-sinyal bebas sehingga komputer lain bisa mengirim data.

Karena hanya satu komputer saja yang dapat mengirimkan data dalam satu saat maka banyaknya komputer akan sangat berpengaruh dalam unjuk kerja jaringan komputer, karena semakin banyak jumlah komputer maka akan semakin banyak pula komputer yang akan menunggu giliran untuk bisa mengirim data. Sehingga berdampak pada unjuk kerja jaringan komputer yang akan menjadi lambat.

Selain itu, dalam topologi bus ada satu kelemahan yang sangat menganggu kerja dari semua komputer yaitu jika terjadi masalah dengan kabel dalam satu komputer (ingat topologi bus menggunakan satu kabel menghubungkan komputer) misalnya kabel putus maka semua jaringan komputer akan terganggu dan tidak bisa berkomunikasi antar satu dengan lainnya atau istilahnya 'down'. Begitu pula jika salah satu ujung tidak diterminasi, sinyal akan berbalik (bounce) dan seluruh jaringan akan terpengaruh meskipun masing-masing komputer masih dapat berdiri sendiri (stand alone) tetapi tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.
C.Topologi Mesh

topologi mesh
Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Berdasarkan pemahaman di atas, dapat dicontohkan bahwa apabila sebanyak 5 (lima) komputer akan dihubungkan dalam bentuk topologi mesh maka agar seluruh koneksi antar komputer dapat berfungsi optimal, diperlukan kabel koneksi sebanyak 5(5-1)/2 = 10 kabel koneksi, dan masing-masing komputer harus memiliki port I/O sebanyak 5-1 = 4 port (lihat gambar).

Dengan bentuk hubungan seperti itu, topologi mesh memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

* Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
* Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
* Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
* Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Meskipun demikian, topologi mesh bukannya tanpa kekurangan. Beberapa kekurangan yang dapat dicatat yaitu:

* Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
* Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini membutuhkan biaya yang relatif mahal.
* Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
* Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, topologi mesh biasanya diimplementasikan pada komputer-komputer utama dimana masing-masing komputer utama tersebut membentuk jaringan tersendiri dengan topologi yang berbeda (hybrid network).
D.Topologi Tree

Contoh gambar topologi tree
Topologi Tree pada dasarnya merupakan bentuk yang lebih luas dari Topologi Star. Seperti halnya Topologi Star, perangkat (node, device) yang ada pada topologi tree juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur traffic di dalam jaringan.
Meskipun demikian, tidak semua perangkat pada topologi tree terhubung secara langsung ke central HUB. Sebagian perangkat memang terhubung secara langsung ke central HUB, tetapi sebagian lainnya terhubung melalui secondary HUB (lihat gambar).
Pada topologi tree terdapat dua atau lebih HUB yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat ke dalam jaringan. Keseluruhan HUB tersebut berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua bagian yaitu Active HUB dan Passive HUB.
Active HUB berfungsi tidak hanya sekedar sebagai penerus sinyal data dari satu komputer ke komputer lainnya, tetapi juga memiliki fungsi sebagai Repeater. Sinyal data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya memiliki keterbatasan dalam hal jarak, setelah berjalan sekian meter maka sinyal tersebut akan melemah. Dengan adanya fungsi Repeater ini maka sinyal data tersebut akan di-generate kembali sebelum kemudian diteruskan ke komputer yang dituju, sehingga jarak tempuh sinyal data pun bisa menjadi lebih jauh dari yang biasanya. Sedangkan Passive HUB hanya berfungsi sebagai penerus sinyal data dari satu komputer ke komputer lainnya.
Pada topologi tree, seperti pada gambar, Central HUB adalah selalu sebagai Active HUB sedangkan Secondary HUB adalah Passive HUB. Tetapi pada pelaksanaannya, Secondary HUB bisa juga sebagai Active HUB apabila digunakan untuk menguatkan kembali sinyal data melalui secondary HUB lainnya yang terhubung.
Karena pada dasarnya topologi ini merupakan bentuk yang lebih luas dari topologi star, maka kelebihan dan kekurangannya pada topologi star juga dimiliki oleh topologi tree. Perbedaannya adalah HUB dan kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya dengan mempertimbangkan segala hal yang terkait, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. Meskipun demikian, topologi ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
F.Topologi Star

Contoh gambar topologi star
Berbeda dengan Topologi Mesh, perangkat pada topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain, tetapi melalui perangkat pusat pengendali (central controller) yang biasa disebut dengan HUB.
Pada topologi star, HUB berfungsi layaknya seperti pengatur lalu lintas. Jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer lainnya maka data tersebut dikirimkan ke HUB terlebih dahulu, yang kemudian meneruskannya ke komputer tujuan (lihat gambar).
Dengan bentuk hubungan seperti itu, kabel yang diperlukan hanyalah sebanyak komputer dalam jaringan dan port I/O juga cukup hanya satu di setiap komputer. Sehingga banyaknya kabel link dan port I/O menjadi lebih sedikit yang berarti bahwa biaya yang dibutuhkan menjadi tidak semahal seperti pada topologi mesh.
Keuntungan lainnya, topologi star ini juga memiliki sifat robustness, yaitu jika terjadi kerusakan pada satu link, maka hanya berakibat pada komputer yang berada pada jalur link itu saja, sedangkan komputer lainnya tetap aktif. Sepanjang tidak ada masalah dengan HUB, dengan sifat ini maka kerusakan link dapat segera diketahui dan diisolir.
Kelemahannya, karena topologi star ini sangat bergantung kepada HUB sebagai pusat pengendali, maka HUB harus selalu berada dalam kondisi baik. Kerusakan pada HUB berakibat pada "lumpuhnya" seluruh link dalam jaringan sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi.

jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
[sunting] Klasifikasi

Berdasarkan skala :

* Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
* Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
* Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

* Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

* Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

* Topologi bus
* Topologi bintang
* Topologi cincin
* Topologi mesh
* Topologi pohon
* Topologi linier

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
* Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

* Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
* Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

* Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

* Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
* Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

* Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data
* Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

* Jaringan Nirkabel(WI-FI)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

keuntungan dan kekurangan komunikasi dan teknologi

Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan dampak positif (keuntungan) dan negatif(kerugian) dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan.

A. Dalam Bidang Sosial

Keuntungan :

1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.

Kerugian :

1. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
2. Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
3. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
4. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
5. Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya

6. Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.

B. Dalam Bidang Pendidikan

Keuntungan :

1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Kerugian :

1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi

Keuntungan :

1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.

Kerugian :

1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

D. Dalam Bidang Pemerintahan

Keuntungan :

1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :

1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

keuntungan dan kerugian internet

Keuntungan dan Kerugian Internet
Selama perjalanan evolusi dari Neanderthal dengan Homo erectus dan Homo sapiens kemudian, manusia datang dengan cara lama. Karena pencarian terus-menerus selama lebih dan kenyamanan lebih dan fasilitas, tahun sembilan puluhan telah melihat giliran besar di sekitar dengan ditemukannya komputer. 10 tahun yang lalu, istilah internet praktis yang anonim bagi kebanyakan orang. Dan internet hari ini telah menjadi alat yang paling kuat yang pernah ada untuk manusia di seluruh dunia. Internet adalah kumpulan berbagai layanan dan sumber daya.

Meskipun, banyak orang masih berpikir e-mail dan World Wide Web sebagai konstituen prinsip internet, ada lebih banyak di toko daripada e-mail, chat room, situs web selebriti dan mesin pencari. Hal ini juga menjadi alat bisnis terbaik skenario modern. Hari ini internet telah membawa dunia dalam satu ruang. Kanan dari berita di seluruh penjuru dunia, kekayaan pengetahuan untuk berbelanja, membeli tiket dari favorit Anda-film semuanya ada di ujung jari Anda. Internet memiliki potensi besar dan banyak untuk menawarkan ... Namun, seperti setiap inovasi tunggal di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, internet memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keuntungan

Komunikasi:
Sasaran utama dari internet selalu komunikasi. Dan internet telah unggul melampaui harapan Masih;. Inovasi yang terjadi agar lebih cepat, lebih dapat diandalkan. Dengan kemajuan Internet komputer, bumi kita telah berkurang dan telah mencapai bentuk sebuah desa global.

Sekarang kita dapat berkomunikasi dengan fraksi yang kedua dengan orang yang duduk di bagian lain dunia. Hari ini untuk komunikasi yang lebih baik, kita dapat memanfaatkan fasilitas e-mail, kita dapat chatting selama berjam-jam dengan orang yang kita cintai. Ada banyak messenger layanan dalam penawaran. Dengan bantuan layanan seperti itu, menjadi sangat mudah untuk mendirikan semacam persahabatan global di mana Anda dapat berbagi pemikiran Anda, dapat menjelajahi kebudayaan lain dari etnis yang berbeda.

Informasi :
Informasi mungkin internet menawarkan keuntungan terbesar. Internet adalah harta karun virtual informasi. Setiap jenis informasi pada setiap topik di bawah matahari tersedia di Internet. mesin cari seperti Google, yahoo adalah pada layanan Anda di Internet. Anda hampir bisa menemukan semua jenis data pada hampir semua jenis topik yang Anda cari. Ada sejumlah besar informasi yang tersedia di internet untuk hampir semua subyek yang dikenal manusia, mulai dari pemerintah dan layanan hukum, pameran dagang dan konferensi, informasi pasar, ide-ide baru dan dukungan teknis, daftar itu adalah tujuan kurang.

Mahasiswa dan anak-anak antara pengguna atas yang surfing Internet untuk penelitian. Hari ini, hampir diperlukan bahwa siswa harus menggunakan internet untuk riset untuk tujuan mengumpulkan sumber daya. Guru telah mulai memberikan tugas yang memerlukan penelitian di Internet. Hampir setiap hari datang, penelitian tentang masalah medis menjadi lebih mudah untuk mencari. Sejumlah situs web yang tersedia di internet menawarkan banyak informasi bagi masyarakat untuk penyakit penelitian dan berbicara dengan dokter secara online di situs seperti, Amerika Dokter. Selama tahun 1998 lebih dari 20 juta orang dilaporkan akan online untuk mengambil informasi kesehatan.

Hiburan :
Hiburan lain yang populer raison d'etre mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjelajah Internet. Bahkan, media internet telah menjadi sangat sukses dalam perangkap segi faktor hiburan. Men-download permainan, mengunjungi chat room atau hanya surfing di Web adalah beberapa orang menggunakan ditemukan. Ada banyak permainan yang dapat didownload dari internet secara gratis. Industri game online telah mencicipi dramatis dan fenomenal perhatian pecinta game. kamar Chat sangat populer karena pengguna dapat bertemu orang baru dan menarik. Bahkan, internet telah berhasil digunakan oleh orang-orang untuk menemukan pasangan hidup panjang. Ketika orang surfing di Web, ada banyak hal yang dapat ditemukan. Musik, hobi, berita dan banyak lagi dapat ditemukan dan berbagi di Internet.

Layanan :
Banyak pelayanan sekarang tersedia di internet seperti perbankan online, mencari pekerjaan, pembelian tiket untuk film favorit Anda, layanan bimbingan pada array topik melanda setiap aspek kehidupan, dan pemesanan hotel. Seringkali layanan ini tidak tersedia off-line dan dapat dikenakan biaya lebih banyak.

E-Commerce :
E-commerce adalah konsep yang digunakan untuk semua jenis manuver komersial, atau transaksi bisnis yang melibatkan transfer informasi di seluruh dunia melalui Internet. Hal ini telah menjadi sebuah fenomena yang terkait dengan jenis belanja, hampir semua hal. Nama Anda dan E-commerce dengan tentakel raksasa melanda setiap satu produk dan layanan akan membuat Anda tersedia di tangga pintu Anda. Ini telah mendapat berbagai menakjubkan nyata dan macam produk dari kebutuhan rumah tangga, teknologi sampai hiburan.

Kekurangan

Pencurian informasi pribadi :
Jika Anda menggunakan Internet, Anda mungkin akan menghadapi bahaya besar sebagai informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, nomor kartu kredit dll dapat diakses oleh penjahat lainnya untuk membuat suatu permasalahan Anda lebih parah.

Spamming:
Spamming mengacu pada mengirim e-mail yang tidak diinginkan dalam jumlah besar, yang memberikan ada tujuan dan sia-sia menghambat seluruh sistem. kegiatan ilegal tersebut bisa jadi sangat frustasi bagi Anda, dan bukan hanya mengabaikannya, Anda harus melakukan upaya untuk mencoba dan menghentikan kegiatan sehingga menggunakan Internet dapat menjadi yang lebih aman.

Ancaman virus :
Virus tidak lain hanyalah sebuah program yang mengganggu fungsi normal dari sistem komputer Anda. Komputer terpasang ke internet lebih rentan terhadap serangan virus dan mereka bisa berakhir ke seluruh hard disk menabrak Anda, menyebabkan Anda sakit kepala yang cukup.

Pornografi:
Ini mungkin merupakan ancaman terbesar yang berhubungan dengan hidup sehat mental anak-anak Anda. Sebuah masalah yang sangat serius tentang Internet. Ada ribuan situs porno di Internet yang dapat dengan mudah ditemukan dan dapat menjadi faktor yang merugikan untuk membiarkan anak-anak menggunakan Internet.

Padahal, internet juga dapat membuat kekacauan, perusakan dan penyalahgunaan yang bisa sangat fatal, keuntungan itu lebih besar daripada kelemahan perusahaan.

Internet

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet pada saat ini
Representasi grafis dari jaringan WWW (hanya 0.0001% saja).

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
[sunting] Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
[sunting] Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
Isu moral dan undang-undang

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
[sunting] Akses Internet
Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk mengakses Internet.

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
Penggunaan Internet di tempat umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.

Perangkat Keras

Perangkat keras
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari
Bagian papan induk (motherboard) dari suatu perangkat keras komputer.

Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

* Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
+ Bus PCI
+ Bus ISA
+ USB
+ AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
* Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
* Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
* Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
* Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
* Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
+ CD-ROM
+ CD-RW
+ CD-R
o DVD
+ DVD-ROM
+ DVD-RW
+ DVD-R
o Floppy disk
* Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
* Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
* Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem - media penyambung ke koneksi internet.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
* Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

* Input
o Keyboard
o Alat penunjuk
+ Mouse
+ Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
* Output
o Printer
o Speaker
o Monitor
* Jaringan/Networking
o Modem
o kartu network
A. CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Perangkat keras yang biasanya terdapat pada CPU, adalah:
A.1. Hardisk

Harddisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Adayang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB), 80 GB, 160 GB, dan 320 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.

A.2. Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.

Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

A.3. CD-ROM drive
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utamayang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

A.4. Prosesor
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesoryang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

A.5. Memori
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jikakomputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.

A.6. Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.

A.7. Kartu Suara (Soundcard)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcardyang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.

A.8. Motherboard
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatankomputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

B. Perangkat Input Komputer
B.1. Keyboard

Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.
B.2. Mouse

Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang imasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor.
C. Perangkat Output
C.1. Monitor

Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inch), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).

C.2. Printer

Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.

Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak komputer
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

1. Mengidentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1. Sistem Operasi (Operating System),
2. Program Aplikasi (Application Programs),
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
4. Program Bantu (Utility)

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

* Menyimpan program dan aksesnya
* Membagi tugas di dalam CPU
* Mengalokasikan tugas-tugas penting
* Merekam sumber-sumber data
* Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
* Memeriksa kesalahan sistem
* Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
* Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

* Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

* Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

* Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

4. Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

* Norton Utility
* Winzip
* Norton Ghost
* Antivirus

Rabu, 19 Januari 2011

KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI

Komunikasi Dan Teknologi

A.komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. pabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
1.Sejarah komunikasi

Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti sama.Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama ((make to common). Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).

Pada awalnya, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis.Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan untuk reproduksi.Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan.

Pada binatang, komunikasi juga dilakukan dengan cara yang sederhana melalui tindakan - tindakan yang bersifat reflek.Menurut sejarah evolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu munculnya "otak reptil" menjadi penting karena otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap kejadian di dunia luar yang kita kenal sebagai emosi.Pada manusia modern, otak reptil ini masih terdapat pada sistem limbik otak manusia, dan hanya dilapisi oleh otak lain "tingkat tinggi".

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman.Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran.Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan.

Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.

Walaupun komunikasi sudah dipelajari sejak lama dan termasuk “barang antik”, topik ini menjadi penting khususnya pada abad 20 karena pertumbuhan komunikasi digambarkan sebagai “penemuan yang revolusioner”, hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang pesat seperti radio.Televisi, telepon, satelit dan jaringan komuter seiring dengan industiralisasi bidang usaha yang besar dan politik yang mendunia.Komunikasi dalam tingkat akademi mungkin telah memiliki departemen sendiri dimana komunikasi dibagi-bagi menjadi komunikasi masa, komunikasi bagi pembawa acara, humas dan lainnya, namun subyeknya akan tetap. Pekerjaan dalam komunikasi mencerminkan keberagaman komunikasi itu sendiri.
2.Komponen komunikasi

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik.Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:

* Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
* Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
* Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
* Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
* Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
* Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")
3.Proses komunikasi

Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.

1. Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
2. Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.

media (channel) alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan.

1. Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
2. Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

4.Model-model komunikasi

Dari berbagai model komunikasi yang sudah ada, di sini akan dibahas tiga model paling utama, serta akan dibicarakan pendekatan yang mendasarinya dan bagaimana komunikasi dikonseptualisasikan dalam perkembangannya.
*Model Komunikasi Linear

Model komunikasi ini dikemukakan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver pada tahun 1949 dalam buku The Mathematical of Communication.Mereka mendeskripsikan komunikasi sebagai proses linear karena tertarik pada teknologi radio dan telepon dan ingin mengembangkan suatu model yang dapat menjelaskan bagaimana informasi melewati berbagai saluran (channel). Hasilnya adalah konseptualisasi dari komunikasi linear (linear communication model). Pendekatan ini terdiri atas beberapa elemen kunci: sumber (source), pesan (message) dan penerima (receiver).Model linear berasumsi bahwa seseorang hanyalah pengirim atau penerima.Tentu saja hal ini merupakan pandangan yang sangat sempit terhadap partisipan-partisipan dalam proses komunikasi.
*Model Interaksional

Model interaksional dikembangkan oleh Wilbur Schramm pada tahun 1954 yang menekankan pada proses komunikasi dua arah diantara para komunikator.Dengan kata lain, komunikasi berlangsung dua arah: dari pengirim dan kepada penerima dan dari penerima kepada pengirim. Proses melingkar ini menunjukkan bahwa komunikasi selalu berlangsung.Para peserta komunikasi menurut model interaksional adalah orang-orang yang mengembangkan potensi manusiawinya melalui interaksi sosial, tapatnya melalui pengambilan peran orang lain.Patut dicatat bahwa model ini menempatkan sumber dan penerima mempunyai kedudukan yang sederajat.Satu elemen yang penting bagi model interkasional adalah umpan balik (feedback), atau tanggapan terhadap suatu pesan.[1]
*Model transaksional

Model komunikasi transaksional dikembangkan oleh Barnlund pada tahun 1970.Model ini menggarisbawahi pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung secara terus-menerus dalam sebuah episode komunikasi.Komunikasi bersifat transaksional adalah proses kooperatif: pengirim dan penerima sama-sama bertanggungjawab terhadap dampak dan efektivitas komunikasi yang terjadi.Model transaksional berasumsi bahwa saat kita terus-menerus mengirimkan dan menerima pesan, kita berurusan baik dengan elemen verbal dan nonverbal. Dengan kata lain, peserta komunikasi (komunikator) melalukan proses negosiasi makna
B.Teknologi

Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari
Teleskop dengan menggunakan teknologi yang sangat canggih

Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri.Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, menginventarisasi yang kita miliki, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadap transformasi budaya kita.Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru.padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer.Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.
1.Sejarah Teknologi

Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif.Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan telah nampak berorientasi ke bidang teknologi.Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).
2.Kemajuan Teknologi

Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.

3.Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :

* Kemajuan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress).Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
* Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress).Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
* Kemajuan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress).Fenomena yang relatif langka, Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.

Pengalaman di berbagai negara berkembang menunjukan bahwa campur tangan langsung secara berlebihan, terutama berupa peraturan pemerintah yang terlampau ketat, dalam pasar teknologi asing justru menghambat arus teknologi asing ke negara-negara berkembang.Di lain pihak suatu kebijaksanaan 'pintu yang lama sekali terbuka' terhadap arus teknologi asing, terutama dalam bentuk penanaman modal asing (PMA), justru menghambat kemandirian yang lebih besar dalam proses pengembangan kemampuan teknologi negara berkembang karena ketergantungan yang terlampau besar pada pihak investor asing, karena merekalah yang melakukan segala upaya teknologi yang sulit dan rumit.